>Regulasi pemerintah bidang telekomunikasi dan konsekuensi bagi industri selular

Posted: December 6, 2010 in xl award 2010

>Judul : Peran XL dalam regulasi pemerintah
Oleh : M. Fadli Jabir

Pemerintah yang secara langsung mengendalikan pembinaan telekomunikasi di Negara Indonesia, menjadi acuan bagi pihak penyedia layanan telekomunikasi dalam mengembangkan usaha dan mewujudkan segala hal yang menjadi tujuan penyelenggaraan telekomunikasi hal ini sangat beralasan disamping 4 hal pokok yang menjadi tanggung jawab pemerintah meliputi penetapan kebijakan, pengaturan, pengawasan dan pengendalian, pemerintah juga diharapkan mampu mewujudkan 4 hal pokok tersebut secara menyeluruh dan terpadu dengan memperhatikan pemikiran dan pandangan yang berkembang dalam masyarakat serta perkembangan global.

Secara umum telekomunikasi diselenggarakan dengan tujuan mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, mendukung kehidupan ekonomi dan kegiatan pemerintah serta meningkatkan hubungan antar bangsa. Hal ini diatur oleh undang-undang Nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan menjadi landasan utama penyelenggaraan jasa telekomunikasi. Dengan orientasi tersebut maka keseluruhan penyelenggara jaringan telekomunikasi atau penyelenggara jasa telekomunikasi bersinergi.

Disadari atau tidak, perkembangan pengetahuan dan dunia telekomunikasi mengalami kemajuan signifikan di Indonesia pada 10 tahun terakhir dengan bukti nyata dan persaingan yang sangat ketat, hal ini merupakan salah satu imbas dari era globalisasi yang telah membawa Negara kita menjadi maju dan mampu bersaing dalam dunia secara universal. Bukankah kita telah mengetahui bersama bahwa kondisi geografis kepulauan Negara kita dapat menjadi hambatan dalam perkembangan telekomunikasi, namun kenyataan tersebut sama sekali tidak menjadi penghalang bagi perkembangan telekomunikasi.

Penyedia layanan telekomunikasi yang sangat berkaitan dengan hal diatas tentunya harus tanggap dalam ketatnya persaingan pasar baik itu melaui B2B,yang biasa kita sebut business to business ataupun B2C kata lain dari business to consumer. Hal ini bahkan menjadi tuntutan karena merupakan kunci dalam kelanjutan usaha jasa pelayanan telekomunikasi yang sangat beragam di Negara kita, strategi dan betuknya pun sangat beragam tergantung masing – masing penyedia layanan telekomunikasi tersebut. Peran serta masyarakat dalam kegiatan telekomunikasi juga tak bisa diabaikan, karena masyarakatlah yang dapat menyampaikan, memikirkan bahkan memberikan pandangan atas pengembangan pertelekomunikasian dalam rangka penetapan kebijakan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan dalam bidang telekomunikasi bukan hanya itu, masyarakat juga memiliki fungsi penting dalam kedudukannya sebagai konsumen.
PT. EXCELCOMINDO PRATAMA mampu menunjukan peranan dalam memberikan kontribusi dan manfaat yang luarbiasa selama 14 tahun sebagai penyedia layanan telekomunikasi yang akrab dengan sebutan XL. Dukungan XL dalam menyikapi kondisi perekonomian masyarakat Indonesia sangat dirasakan dengan grafik perluasan jaringan yang tinggi dan tingkat kepercayaan masyarakat yang sangat besar. Letak geografis Indonesia juga tak menjadi penghambat sama sekali bagi XL dalam mengembangkan sayap merangkul seluruh kalangan masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke. Kesiapan XL dalam menatap masa depan tampak begitu nyata dengan kiprahnya mengadakan program-program CSR (Corporate Social Responsiblity – Tanggung Jawab Sosial Perusahaan).
Saat ini, PT. EXCELCOMINDO PRATAMA telah menjadi komponen penting dalam persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan hubungan antar bangsa, hal ini ditandai dengan penggunaan jasa layanan XL dalam aktifitas keseharian masyarakat dari segala kalangan, budaya, strata social, usia bahkan hingga jaringan internet melalui handset ataupun gadget juga tersedia, disamping itu perluasan juga dilakukan XL dengan penggunaan kartu yang bisa langsung digunakan di luar negeri. 
Semua Negara di dunia memiliki regulasi tersendiri dalam mengatur dan pengendalikan kegiatan telekomunikasi, terlebih lagi di Indonesia aturan itu sangat jelas dalam undang-undang Nomor 36 tahun 1999, namun belakangan ini Negara kita mengeluarkan undang-undang baru yang menjadi pro kontra dalam masyarakat dalam hal lalu lintas yaitu larangan menggunakan telepon seluler selama mengendarai kendaraan yang dikenal dengan Undang-undang No 22 tahun 2009 dengan denda yang tidak sedikit yaitu sebesar Rp. 750.000,- atau kurungan maksimal 3 bulan.
Dengan asumsi bahwa berkurangnya alokasi waktu dalam menggunakan layanan telekomunikasi juga tak dapat di pandang sebelah mata karena untuk masyarakat kota besar yang kadang terkendala kemacetan lalulintas dalam melakukan aktifitas tentunya akan memberikan dampak, dalam hal ini XL diharapkan dapat berperan aktif dengan menyediakan layanan automatic answer with one push atau jawaban yang secara otomatis akan terkirim hanya dengan menekan satu tombol angka pengembangan hal ini sangat penting dengan alasan inti dari pasal tersebut adalah “hal yang mengganggu konsentrasi saat berkendara” menurut penjelasan di media, penggunaan handsfree tidak terlalu memberikan solusi karena pasal mengacu pada konten ataupun isi dari pembicaraan telepon jadi sepanjang pengendara itu berkomunikasi dengan handphone maka pasal itu dapat diberlakukan.
Terlepas dari itu semua XL telah memberikan pelayanan yang nyata dalam menjawab regulasi pemerintah, prinsip yang diatur undang-undang dipenuhi dengan tindak nyata antara lain :

1. Perlakuan yang sama dan pelayanan sebaik-baiknya bagi semua pengguna.

Kita ketahui bersama XL dan pelayanannya telah mencakup ke seluruh pelosok nusantara, saya pun merasakan ketika mengunjungi tempat-tempat yang sulit di jangkau jaringan seluler, XL mampu menyajikan pelayanannya dengan ketersediaan jaringan sehingga semua pengguna dapat merasakan faedah besar yang di berikan XL untuk masyarakat.

2. Peningkatan efisiensi dalam penyelenggaraan telekomunikasi

PT. EXCELCOMINDO PRATAMA dengan wujud nyata mampu meberikan layanan yang cepat melalui fitur-fitur yang mudah dan murah sehingga peningkatan alokasi baik brupa biaya maupun waktu sangat bermanfaat sehingga di dalam penyelenggaraan telekomunikasi XL selalu berusaha meningkatkan layanan “berdayaguna” dan “tepatguna” dengan komitmen penuh untuk membangun Negara tercinta Indonesia.

3. Pemenuhan standar pelayanan serta standar penyediaan sarana dan prasarana

Secara khusus penyedia layanan telekomunikasi yaitu XL mengutamakan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dengan ketersediaan BTS (Base Transceiver Stattion) yang tersebar di Indonesia, integrasi jaringan yang handal serta inovasi yang terus dikembangkan menjadikanya mampu mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat, disamping itu segala sector penting yang berkaitan seperti perekonomian, pendidikan, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat juga sangat diperhatikan.
Pada akhirnya peran XL dalam regulasi pemerintah terlihat jelas dengan kontribusi nyata pada setiap regulasi yang menjadi nilai mutlak untuk penyelenggara telekomunikasi mulai dari jasa hingga segala hal yang berkaitan didalamnya. Tantangan era globalisasi pun menjadi alat untuk mengembangkan inovasi yang selalu berorientasi pada masyarakat secara merata.
“X”tra “L”ayanan dari PT. EXCELCOMINDO PRATAMA telah bersinergi dengan pemerintah melalui regulasi dalam perwujudan kehidupan masyarakat yang lebih baik, jaya terus XL dan selalu dihati.

Educational Blogger


“TENTANG PENULIS” Copyright XL Award 2010

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan ini pada BLOG ataupun WEBSITE milik anda tanpa dikenakan biaya alias GRATIS selama :
1. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan.
2. Anda harus mencantumkan ‘tentang penulis’ di bagian bawah artikel, dan memuat link aktif menuju XL Award 2010 atau Fadli Jabir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s