>Peran operator dalam memajukan pendidikan dan perekonomian anak bangsa, di daerah pinggiran kota dan pedalaman

Posted: December 6, 2010 in xl award 2010

>Tema: Peran operator dalam memajukan pendidikan dan perekonomian anak bangsa, di daerah pinggiran kota dan pedalaman
Self Titel: XL Untuk Nusantara
Oleh : M. Fadli Jabir

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) telah dicanangkan sebagai salah satu prioritas yang penting dan strategis dalam pembangunan jangka panjang pemerintahan Negara kita, usaha-usaha atas terwujudnya pun gencar dilakukan pemerintah dalam mewujudkannya, hal ini dianggap penting karena mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu tujuan penting yang terpatri dalam UUD 45, sehingga arah pembangunan diselenggarakan dengan tujuan tersebut. Bukan hanya itu hal yang juga sama pentingnya adalah pertimbangan sector perekonomian Negara menjati tolak ukur dalam keberhasilan sebuah Negara. Di Indonesia, pembangunan nasional selalu berdasar Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dengan maksud agar tujuan yang dicapai dari segala sector terwujud dengan adil dan makmur serta merata ke semua lapisan masyarakat Indonesia.

Pendidikan dengan segala ornament penting yang saling berkaitan didalamnya mengalami tahap pendewasaan seiring perkembangan teknologi abad modern, tentusaja hal ini dapat dipandang dari dua sisi baik dampak positif ataupun dampak negative yang tidak bisa diabaikan sebagai konsekuensi dari era globalisasi. Arus informasi yang cepat dengan sumber pengetahuan yang sangat luas terlihat begitu mudah pada masa sekarang ini tetapi disisi lain, kecenderungan masyarakat dan para siswa beralih ke cara instant dalam akses sumber pengetahuan akan berdampak pada kurangnya kemandirian dalam mengolah sumber informasi dengan asumsi bahwa dari sekian juta sumber pengetahuan yang ingin kita ketahui melalui cara instant atau bisa disebut internet merupakan saduran bahkan terkadang para siswa tak perlu lagi berfikir untuk mengerjakan sebuah tugas yang diberikan oleh gurunya istilahnya “search” “copy” and “paste” selesai. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan tidak adanya regulasi batasan umur pengakses informasi sehingga hal yang terjadi saat ini dan sering kita dengarkan melalui media adalah disintegrasi moralitas bangsa.
Selain itu, sector yang tak kalah pentingnya berperan dalam mewujudkan pembangunan bangsa adalah perekonomian, bahkan berfungi sebagai motor penggerak dari pencapaian tujuan pembangunan, jumlah penduduk dan mobilisasi yang tinggi serta prinsip kehidupan masyarakat konsumtif menjadikan Indonesia sebagai pusat target pasar dunia bukan sebagai produsen untuk Negara-negara berkembang. Akan tetapi filtrasi dari segala paparan diatas dapat ditempuh dengan memperkuat sector telekomunikasi, hal ini penting karena kedua hal tersebut diatas baik itu pendidikan maupun perekonomian di laksanakan dan tak lepas dari peran telekomunikasi.

Bentuk dari peran telekomunikasi dalam pendidikan dan perekonomian adalah :

1. Asas Manfaat

Telekomunikasi diatur dan dilaksanakan dengan mengutamakan asas manfaat, segala kegiatan yang ada dalam telekomunikasi mulai dari penyiaran, pengiriman informasi dalam bentuk apapun baik itu gambar, isyarat, tulisan ataupun suara dan melalui system apapun seperti kawat optic, radio serta elktromagnetik di kelola dan dikembangkan dengan tujuan utama memberikan manfaat bagi pendidikan dan perekonomian.

2. Peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran

Pada dasarnya kemakmuran itu tak lepas dari situasi perekonomian dengan melihat bahwa ukuran keberhasilan sebuah kondisi ekonomi ditandai dengan keadaan masyarakat yang makmur sedangkan kesejahteraan bertalian dengan pendidikan karena kesiapan sumber daya manusia akan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

3. Meningkatkan hubungan antar bangsa

Pada penjelasan yang lebih luas, peningkatan hubungan antar bangsa akan berkatan langsung dengan pendidikan dan perekonomian seperti kita liat bahwa suku dan budaya di Negara kita yang beragam membutuhkan alat pemersatu melalui telekomunikasi, selain itu letak kepulauan Negara kita juga bergantung pada sejauh mana pengelolaan telekomunikasi itu diselenggaran guna terwujudnya hubungan antar bangsa. Lebih khusus lagi keadaan ekonomi dewasa ini yang mengalami imbas krisis global tentunya berorientasi pada hubungan dan kerjasama pemerintah sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat pada Negara-negara tetangga hingga kerjasama Indonesia pada dunia yang bersifat universal.

Ketiga hal diatas terwujud dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan telekomunikasi terpadu seperti penyelenggara jaringan telekomunikasi, penyelenggara jasa telekomunikasi dan penyelenggara telekomunikasi khusus.

Negara Indonesia dengan sumber daya telekomunikasi telah memiliki XL AXIATA Company secara khusus berorientasi pada asas manfaat, kesejahteraan dan kemakmuran serta perwujudan hubungan antar bangsa dengan penyelenggaraan telekomunikasi yang modern dan dinamis menurut perkembangan zaman, arus informasi yang cepat bahkan dijadikan XL sebagai wadah untuk melakukan inovasi disamping itu kerjasama yang terjalin antara XL, pemerintah dan masyarakat, mampu berkiprah ditengah lemahnya kondisi ekonomi yang berlaku di seluruh dunia.

Dalam menyelenggarakan kegiatan telekomunikasi XL AXIATA Company merujuk pada:
1. Kepentingan Negara
2. Perkembangan teknologi dan tuntutan global
3. Dilakukan secara professional dan dapat dipertanggungjawabkan
4. Melibatkan peran serta masyarakat.

Sebagai penyelenggara telekomunikasi, XL berorientasi pada tarif, luas jangkauan jaringan, kualitas jaringan serta kelengkapan fitur yang mempermudah masyarakat dan bermuara pada pencapaian target utama yaitu sector pendidikan dan perekonomian Indonesia secara menyeluruh. Namun hal tersebut dirasakan belum cukup karena ketatnya persaingan jasa pelayanan telekomunikasi hingga penyelenggaraanya memberikan tantangan tersendiri tentang bagaimana memberikan kontribusi nyata dalam pelayanan universal. Kontribusi pelayanan yang bersifat universal mencakup kebutuhan masyarakat terutama di daerah terpencil atau daerah yang belum berkembang mendapatkan akses komunikasi yang layak. 
Keberhasilan XL AXIATA Company ditandai dengan jawaban atas kewajiban membangun fasilitas telekomunikasi baik berupa jasa maupun pelayanan. Tingginya perluasan jaringan XL yang terus meningkat tiap tahunnya bahkan tingkat kepercayaan masyrakat yang terus bertambah membuktikan bahwa XL mampu menjangkau daerah pinggiran kota dan pedalaman. Tentunya hal tersebut tak lepas dari kesiapan dan perofesionalisme dari XL AXIATA Company dalam membangun komitmen untuk nusantara tercinta.
Tentunya tak ada perbedaan suku, budaya dan strata social antara XL dan penggunanya karena selalu memperhatikan prinsip ketersediaan layanan ke seluruh Indonesia termasuk daerah perintisan, daerah pinggiran, daerah terpencil dan atau daerah yang secara ekonomi kurang menguntungkan.
Akhirnya, kondisi geografis nusantara yang rentan akan musibah tak terduga bahkan dipandang oleh XL AXIATA Company sebagai tantangan baru dalam memberikan layanan yang terbaik, peran serta dan dukungan atas masyarakat yang tertimpa musibah terlihat begitu nyata dengan kecepatan perbaikan kerusakan instalasi komunikasi hingga bantuan social dalam wujud nyata membangun negeri.
Inilah peran XL sebagai operator dalam perwujudan segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia khususnya pendidikan dan perekonomian dengan usaha nyata membagun komponen bangsa secara merata, dan ber-etika sehingga XL AXIATA Company selalu mempererat hubungan antar bangsa dari pelosok desa, pinggiran kota hingga kota besar di Indonesia.

Terimakasih XL kontribusimu nyata bagi kami Indonesia

Educational Blogger


“TENTANG PENULIS” Copyright XL Award 2010

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan ini pada BLOG ataupun WEBSITE milik anda tanpa dikenakan biaya alias GRATIS selama :
1. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan.
2. Anda harus mencantumkan ‘tentang penulis’ di bagian bawah artikel, dan memuat link aktif menuju XL Award 2010 atau Fadli Jabir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s