>www.Iam-in-commerce.com Perdagangan Virtual Indonesia

Posted: June 8, 2010 in blog, dapat dollar dengan berbagi file, Kontes Ide Kreatif, learning, topnews, umum, website

>—————————————————–
I Will Click your ads if you vote me on this contest —-LINK—-
—————————————————–

Latar Belakang

Sebelum penjelasan saya paparkan ada baiknya saya utarakan makna singkatan dari http://www.iam-in-commerse.com yaitu “Internet Marketing Indonesian Commerce” merupakan perdangangan berbasis internet yang berorientasi untuk para B2B atau Business to Business atau B2C Business to Consumers. Dengan merujuk beberapa penelitian terbaru bahwa bisnis dengan pengelolaan Internet Marketing terbukti memberikan profit yang lebih besar dan banyak di minati oleh konsumen di Era Globalisasi.


Dukung Ide kreatifku menjadi pemenang di LINK ini

Lingkup Permasalahan

* B2B “Business to Business”

Merupakan pola dalam dunia perdagangan global yang bertitik pada para produsen antara lain bagaimana membuat kualitas suatu barang, meningkatkan profit barang hasil produksi mereka serta memperluas jaringan product mereka melalui kerja sama sesama produsen dengan tujuan bersama untuk memperluas jaringan product mereka.

* B2C “Business to Consumers”

Adalah pola dalam perdagangan dua pihak antara produsen dan konsumen yang apabila di wujudkan dengan berorientasi pada konsumen dapat berdampak pada peningkatan pembelian oleh konsumen dan peningkatan mutu product oleh para pelaku bisnis.

Dalam era perdagangan global inilah kedua pola diatas berperan penting agar timbul “mutualism” antara produsen dan konsumen, namun tak dapat dipungkiri hal diatas memiliki kekurangan yang cenderung dirasakan baik para pelaku bisnis maupun konsumen, hal itu antara lain :

1. Kecenderungan para konsumen kurang memiliki pengetahuan tentang fitur product yang ingin mereka beli.
2. Kurangnya feedback dari pihak produsen apabila para konsumen ingin melakukan keluhan atas suatu product yang mereka beli.
3. Animo tinggi dari pada konsumen yang ingin mengetahui Label sertifikat atas barang yang mereka beli.
4. Penambahan pengetahuan akan grafik penjualan suatu product sehingga konsumen dapat mengetahui ranking dari product tersebut.
5. Kemudahan transaksi dan jaminan keamanan data pada konsumen yang ingin melakukan transaksi online.

Beberapa hal diatas merupakan masalah yang lazim kita jumpai sebagai konsumen, namun jika hal ini dicermati oleh para produsen bahkan akan berdampak pada peningkatan profit atas product mereka.

Solusi

* Tahapan e-Commerce

Variasi daari beberapa langkah dalam penerapan e-Commerce saya kategorikan menjadi tahapan berikut :

1. Internet Bisnis Bank Akun
2. Portal Pelaku Bisnis Indonesia (Web Hosting)
3. Sertifikat Dagang Online dan Update
4. Transaksi Online
5. Grafik Product dan karakteristik product
6. Online suggestions consumers messages

* Pembahasan Tahapan e-Commerce

1. Internet Bisnis Bank Akun

Melalui data kepemilikan “Internet Bisnis Bank Akun” para konsumen dapat mendapatkan kemudahan transaksi melalui internet, mungkin kawan sudah pahami jasa yang paling sering digunakan biasanya “Pay Pal” atau “Online Western Union”. setiap pelaku bisnis disarankan memiliki akun internet bisnis bank yang dapat memudahkan karena sudah terintegrasi oleh bank di Indonesia pada umumnya, jadi transaksi tak perlu lagi menghadapi macet di jalan atau menunggu antrian untuk membeli sesuatu, cukup dengan transfer via Internet Bisnis Bank Akun ini, Jaminan keamanan tentunya akan dijamin oleh pihak bank

2. Portal Pelaku Bisnis Indonesia

http://www.i’m-in-commerce.com sebagai contoh portal khusus pelaku bisnis baik konsumen maupun produsen, dimana para user dapat bersifat pribadi ataupun dalam suatu organisasi perusahaan. fitur yang ada didalamnya mencakup Jasa periklanan produk, Penjelasan penggunaan suatu product, Penawaran dan update product terbaru, Evaluasi product oleh pelanggan, Kolom saran oleh costumers, edukasi teknik berbelanja online dll. portal ini juga di pasang di outlet Mall. Teknis pengecekan barangnya via barcode product yang umumnya sudah ada pada label productnya akan lebih maksimal jika menggunakan via infra red yang lazim digunakan para cashier.

3. Sertifikat Dagang Online dan Update

Semua pelaku bisnis juga harus memiliki sertifikat resmi dalam memasarkan productnya sehingga para konsumen dapat melakukan pengecekan atas standar sertifikasi atas barang yang mereka beli tekhnisnya juga sama melalui barcode product number label akan lebih mudah jika software pembaca sertifikat barang ini di integrasi pada Handphone, jadi tinggal menginput kode label productnya, sertifikasi barang udah dapat kita lihat.

4. Transaksi Online

Electronic Funds Transfers (EFT) sudah diminati para kosumen Era Globalisasi sehingga memudahkan dan mempercepat transaksi dapat dilakuka via online, memang sih hal ini sudah banya yang menerapkannya namun terkadang pihak produsen tidak memberi pengetahuan akan cara melakukan transaksi online jadi konsumen lebih memilih paid by cash. solusinya dengan memberikan penjelasan detail cara transaksi online dengan mini handbook user atau dengan mengakses http://www.i’m-in-commerce.com yang sebelumnya telah dijelaskan lengkap dengan fitur product dan cara berbelanja online. tersedia dalam berbagai bahasa yang juga dapat menarik peminat luar negeri.

5. Grafik Product dan Karasteristik Product

Hal inilah yang sering diabaikan oleh para pelaku bisnis terhadap product mereka. Adanya grafik atas penjualan suatu product dengan kriteria tersendiri seperti STARS untuk kategori top, atau LOWER untuk kategori product yang kurang diminati yang berdampak pada pengetahuan pebisnis mengenai product yang menjadi prioritas. cara implementasinya bisa beragam baik melalui Label resmi pemerintah ataupun crosscek yang dilakukan para konsumer dalam PORTAL BISNIS.

6. Online Suggestions Costumer Messages

Setiap product dapat dievaluasi oleh konsumen melalui layanan short message yang dapat di respect langsung oleh produsen atas barang yang mereka tawarkan, hal ini juga menunjang dalam meningkatkan kualitas product para pelaku bisnis dengan asumsi “The quality of product on customers hands” jadi mereka bisa juga melakukan vote up or vote down pada product dimana hasilnya mempengaruhi grafik product pada penjelasan sebelumnya.

* Kesimpulan

Melaui pemaparan saya tentunya kita dapat melihat kedua sisi antara Para Produsen dan Konsumen dapat bersinergi dalam mewujudkan kemudahan dalam e-Commerce implementasi yang tidak terlalu rumit bagi saya menjadi acuan agar kita tidak melangkah terlalu jauh kedepan, disadari atau tidak kategori negara kita masih berkembang dan masih banyak berkiblat pada negara maju, Ide ini dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan Indonesia menuju sistem e-Commerce yang lebih baik

Educational Blogger


“TENTANG PENULIS” Copyright www.kabar.50webs.com

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan ini pada BLOG ataupun WEBSITE milik anda tanpa dikenakan biaya alias GRATIS selama :1. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan.2. Anda harus mencantumkan ‘tentang penulis’ di bagian bawah artikel, dan memuat link aktif menuju www.kabar.50webs.com atau Fadli Jabir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s